Kopdar Himpunan Penerjemah Indonesia Komisariat Jawa Barat September 2016

Dilaporkan oleh: Eki Qushay Akhwan 
Penerjemah Ultimaa

Siapa bilang penerjemah hanya bekerja di belakang meja dan tidak punya banyak waktu untuk bersosialisai? 🙂

"Yang kesasar ke Volendam ... :D" Foto bersama sebagaian anggota HPI Komisariat Jawa Barat yang hadir dalam acara Kopdar September 2016. Foto dari kamera mbak Lani Utoyo.
“Yang kesasar ke Volendam …” Foto bersama sebagaian anggota HPI Komisariat Daerah Jawa Barat yang hadir dalam acara Kopdar September 2016. Foto dari kamera kak Lani Utoyo.

Penerjemah juga manusia. Kami juga suka berkumpul, berbagi, dan ssttt ……… bergosip!

Kumpul-kumpul memang mengasyikkan. Apalagi kalau yang berkumpul adalah teman-teman seprofesi. Obrolan yang terjadi pasti bukan cuma soal apa dan siapa, tapi juga tentang hal-hal yang bermanfaat untuk profesi mereka. Kumpul-kumpul kolegial di antara teman-teman seprofesi konon memang merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun solidaritas dan kerja sama profesi.

Nah, karena alasan itulah, Ricky Zulkifli, ketua baru HPI Komda Jawa Barat 2016 – 2019 yang terpilih pada tanggal 28 Agustus yang lalu, mengagendakan lagi acara kopdar (kopi darat) bulanan. Acara kopdar ini dulu pernah menjadi acara rutin HPI Komda Jabar, namun karena satu dan lain hal sempat terhenti. Kini acara itu dicoba dihidupkan lagi agar keakraban, solidaritas, dan kerja sama antaranggota bisa semakin terbangun dan keberadaan HPI sebagai organisasi profesi menjadi semakin solid.

Kopdar pertama di bawah kepemimpinan Ricky Zulkifli ini digelar di  Koffie Tijd, kedai kopi dan resto bernuansa Belanda di jalan Citarum nomor 30, Bandung, pada hari Ahad, 18 September yang lalu. Dari 18 orang yang menyatakan akan hadir di acara tersebut, 11 orang bisa hadir, termasuk satu rekan dari Depok yang sengaja menyempatkan diri datang ke Bandung dalam rangka acara kumpul-kumpul ini.

Kopdar (kopi darat), acara kumpul-kumpul santai anggota HPI Komisariat Jawa Barat.
Kopdar (kopi darat), acara kumpul-kumpul santai anggota HPI Komisariat Daerah Jawa Barat.

Acara santai yang berlangsung dari pukul 10:00 hingga sekitar pukul 15:00 WIB itu diisi dengan obrolan-obrolan santai khas penerjemah: tentang pengalaman-pengalaman pribadi sebagai penerjemah, tentang bahasa, tentang ide-ide untuk HPI dan profesi penerjemah, dan lain-lain. Untuk saya sendiri, acara itu adalah kesempatan untuk bertemu muka dengan  beberapa rekan penerjemah anggota HPI Komda Jabar yang selama ini hanya saya kenal nama dan fotonya dari Grup Facebook.

Acara kopdar berikutnya menurut rencana akan diadakan di Depok pada bulan Oktober dan dituanrumahi oleh rekan Sunu Tri Susatyo. Acara digelar di Depok agar rekan-rekan penerjemah di Priangan Barat (Bogor, Depok, Bekasi, dan lain-lain) bisa hadir dan ikut meramaikan acara ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *